Sharing Koneksi Internet Antar Komputer Secara Direct

Sharing koneksi internet antar komputer secara direct misalnya komputer 1 yang terhubung dengan internet (berfungsi sebagai server) koneksinya bisa dibagi atau di share ke komputer 2 atau komputer lainnya tanpa menggunakan router.

Mungkin anda memasang internet di rumah dan kemudian ingin membagi koneksi internet tersebut dengan komputer teman/tetangga, namun tidak tahu caranya. Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini agar setiap komputer bisa melakukan akses internet dengan satu akun broadband ISP.

Model Pembagian Jaringan :

Model 1 :




Dari gambar model 1 tersebut, PC/komputer gateway (internet server) terhubung langsung dengan modem (modem tersebut bisa GSM, CDMA, etc.. tergantung broadband internet yang anda gunakan). Dari komputer gateway terhubung ke komputer client secara peer to peer.

Model 2 :





Pada gambar model 2, komputer gateway terhubung ke internet dengan menggunakan kabel UTP biasa (sering digunakan pada RT/RW net). Kemudian ada 1 kabel UTP lagi yang menuju ke HUB/SWITCH untuk kemudian dibagi kepada user yang lain. Untuk sistem ini berarti minimal komputer gateway punya dua LAN/Ethernet Card, satu menuju internet, dan satu lagi menuju Hub/Switch. Tool tambahan yang diperlukan : Kabel UTP tipe straight untuk masing-masing client + 1 lagi untuk dari gateway ke Hub/Switch. 1 Buah Hub / Switch.

Cara Setting Sharing Koneksi Internet :

1. Sambungkan komputer anda ke internet, kemudian lihat IP lokal yang didapat dari koneksi internet anda (klik dua kali tanda yang ada dikanan bawah yang muncul ketika anda terhubung ke internet). Catat IP tersebut.

2. Putuskan internet connection anda (disconnect) dahulu.

3. Kalau anda menggunakan Model 1 (tanpa Hub/switch). Jika anda ingin melakukan share ke kedua komputer atau lebih ( lebih dari 2 Lan Card yang terkoneksi ke client). Buka dulu network connections, setelah itu pilih semua LAN Card yang terkoneksi ke client, klik kanan, dan pilih create bridge connection. Nanti jika ingin melakukan share, pilihlah network bridge. Dengan begini maka semua Lan Card yang terkoneksi ke client akan digabung menjadi 1 setting.

4. Buka network connection wizard dengan cara : buka network connections, lalu pilih setup a home or small office network (bisa juga dengan mengetikan netsetup.cpl di Run Command).
Kemudian ikuti saja langkah-langkah dari windows.

Jika ada pemberitahuan "The wizard found disconnected network hardware", pilih saja "Ignore disconnected network hardware".

Yang perlu diperhatikan untuk melakukan sharing internet connection adalah : untuk memilih "This computer connects directly to the Internet. The other computers on my network connect to the Internet through this computer."

5. Kemudian pilih Jika IP yang anda dapat dari langkah 1 berformat 192.168.0.xx , pada network connection, Klik kanan pada Lan Card (atau bridge connection) yang terkoneksi ke client, klik properties."Internet Protocol (TCP/IP)", klik properties. Rubahlah IP anda dari 192.168.0.1 menjadi 192.168.1.1

6. Untuk semua client yang terhubung, pilihlah "obtain an IP address manualy" sebagai setting (ikuti langkah seperti nomor 5 untuk merubah setting IP di client).

7. Coba sambungkan kabel UTP dari client ke komputer gateway. Jika setting anda benar, maka komputer client akan mendapat IP secara otomatis (diberikan oleh gateway).

8. Selesai, internet anda sudah ter-share.

Semoga artikel Sharing koneksi internet antar komputer secara direct bisa bermanfaat buat anda.
Like This Article :

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya di Bawah INI :

Rating: 4.5 | Reviewer: Fakhrian Amrullah | ItemReviewed: Sharing Koneksi Internet Antar Komputer Secara Direct

Comment With Facebook!

Posting Komentar

ExitJangan Lupa Klik Like Dan Follow ya!