Perlukah Mentor Dalam Berbisnis Online


Kali ini saya akan mengangkat tema “Perlukah memiliki guru untuk berbisnis online
Banyak sekali orang yang dari awal berbisnis sudah bertekad untuk tidak mau “berguru” langsung kepada orang lain yang jelas lebih faham berbisnis online. Sebagian di antaranya beralasan bahwa tidak ada gunanya, buang-buang uang saja, malu (?), bisa cari ilmu sendiri di internet dan segudang alasan lainnya. Tapi benarkah jalan yang seperti itu?
Faktanya, tidak semudah itu. Faktanya, belajar apa pun, entah itu belajar matematika, belajar bahasa, termasuk belajar berbisnis online pun perlu guru. Kenapa perlu guru? Bukankah banyak sekali ilmu yang ada di internet bisa tersedia secara (hampir) gratis? Yap betul, dan saya pun termasuk orang yang seperti itu.
Tapi itu dulu….
Tapi setelah berjalan beberapa tahun, barulah terasa bahwa ada hal2 yang tidak bisa Anda peroleh dari mencari ilmu secara otodidak di internet :
1. Anda tidak bisa bertanya jika mengalami kesulitan
2. Anda bingung, _bagaimana alur belajar yang tepat_? Apa yang harus Anda pelajari lebih dahulu? Setelah belajar ini Anda harus belajar apa?
3. Anda tidak akan fokus. Ingin coba ini, ingin coba itu, karena saking banyaknya informasi yang didapatkan. Inilah yang disebut INFORMATION OVERLOAD.
Karenanya akhirnya saya menyerah dan beralih menjadi murid dari beberapa pakar internet business, seperti Jo. S, Joe Vitale, Rosalind Gardner dan Jeremy Palmer. Hasilnya? TOP. Makin fokus, makin menghasilkan.
Kalau ada yang bingung bisa buka referensi terpercaya. Dan kalau tidak fokus, bisa ikuti kembali track yang mereka sediakan. Dan yang paling penting, Anda menghemat banyak sekali waktu yang berharga. Anda bisa langsung mendapat cara bisnis paling efektif tanpa harus mencoba-coba dan mengalami kegagalan terlebih dahulu. Jadi untuk Anda yang pemula, saya sangat menyarankan
untuk mencari guru dalam berbisnis online. Yang sudah professional tentunya.
Masih tidak percaya? Ingin belajar otodidak? Ya terserah, tapi kalau rugi besar, kena tipu, atau malah bangkrut jangan salahkan saya. Kan otodidak, bukan belajar ke saya, hehe..
Logisnya sih begini :
Coba sekarang bayangkan Anda saya beri 1.000 buah buku tentang Fisika, saya ingin Anda bisa menjelaskan tentang kekuatan tekanan ke lantai dari sebuah mobil yang diam dan sebuah mobil yang melaju 100 KM / jam. Mana yang lebih kuat tekanannya? Anda bisa jawab? Saya beri 1.000 buku lho. Saya rasa sulit walau saya beri 10 buku, mungkin ada bagian buku yang tidak Anda mengerti atau Anda dapat rumusnya tapi tidak tahu cara pakainya. Atau Anda bisa simpulkan sendiri isi 1.000 buku itu?
Wah hebat. Tapi harus menunggu berapa tahun dulu? Tapi bagaimana kalau saya berikan Anda sebuah buku Fisika tentang “Tekanan & Kecepatan”, lalu saya berikan seorang guru yang ahli di bidangnya. Kira-kira, apa hasil yang bisa Anda dapat? =)
Hal ini sama dengan belajar bisnis online, Internet == 1.000.000.000.000.000.000…… buku Masalah bisnis.
Cara pemecahan masalah mencari guru, cukup 1 buku. Fokus, praktek, ada pembimbing. Itulah kunci sukses dengan cepat dan mudah di dunia bisnis online. Faham kan? =)
Oke saya yakin Anda faham. Nah sekarang mungkin Anda bertanya, siapa kira-kira guru yang tepat untuk mengajari Anda berbsinis online? Hmm.. jawabannya.. Anda bisa cari di internet,
saya juga dulu pusing nyari-nyarinya, hehe…
Salam sukses,
Like This Article :

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya di Bawah INI :

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Perlukah Mentor Dalam Berbisnis Online

Comment With Facebook!

Posting Komentar

ExitJangan Lupa Klik Like Dan Follow ya!