Tips Hemat Merakit PC Gaming

Tips Hemat Merakit PC Gaming - Tekhnoers, mungkin bagi anda merakit gaming pc berarti anda merakit pc dengan harga termahal!, pernyataan tersebut mungkin ada benar nya, namun tidak selalu benar, untuk merakit pc yang akan digunakan untuk gaming, ada trik khusus yang perlu anda perhatikan, misalnya seiring dengan majunya tekhnology multicore, apakah anda harus memilih processor dengan teknologi mutakhir terkini ? tentu saja tidak.
Tips Hemat Merakit PC Gaming

Memilih gaming pc dengan hemat memerlukan cara yang cermat untuk membeli tekhnology. Berikut ini kami akan membagikan trik bagaimana caranya membelanjakan PC Gaming dengan cara yang smart dan tidak boros! Pada bagian trik ini, kami tidak akan menyebutkan produknya apa, untuk melihat jenis produk anda dapat membaca tips merakit pc kami.

MOTHERBOARD
Pilihan motherboard untuk gaming adalah hal yang paling mendasar, dalam memilih motherboard, anda mesti memperhatikan game jenis apa yang ingin anda mainkan ? apakah semua jenis game ? atau beberapa game strategi biasa ? Pilihan motherboard yang cocok untuk anda akan diprioritaskan berdasarkan jumlah Slot Memory yang anda perlukan (minimal 3), Jumlah PCL-Express untuk GPU anda ? (Kelas berat menggunakan minimal 2 atau lebih, jika kelas menengah anda dapat memilih yang memiliki 1 slot), Jumlah slot harddisk yang dapat di tampung ? dan IO

PROCESSOR
Gunakankanlah teknologi processor yang memiliki kecepatan clock yang tinggi. Ini berarti, jika ada prosesor generasi lama, single core dengan kecepatan 3.2ghz, akan lebih baik ketimbang prosesor generasi baru dual core yang berkecepatan 2.4ghz. Mengapa demikian ? dalam dunia gaming kecepatan proses adalah hal yang utama, teknologi multicore masih belum banyak dimanfaatkan. Menggunakan dual core saja sebenarnya sudah lebih dari cukup, jadi ketika anda memilih processor, prioritaskan pilihan anda pada processor dengan clock speed yang tinggi ketimbang jumlah core.
Jumlah core hanya akan dapat anda rasakan ketika anda melakukan render aplikasi 3d, mengedit gambar beresolusi tinggi, dan menjalankan aplikasi server yang memerlukan multicore itu sendiri.

MEMORY
Dalam memilih memory, dual channel memory telah di bahas disini, menggunakan dual channel atau triple channel memory kit akan mendongkrak fps anda dalam bermain game.

HARDDISK
Mempertimbangkan ukuran harddisk bukanlah suatu hal yang harus anda prioritaskan dalam membuat gaming pc, yang anda perlukan adalah harddisk tercepat, untuk itu, anda dapat memanfaatkan SSD, dengan menggunakan SSD, transfer rate antara harddisk, memory, processor dan GPU tidak akan terjadi bottle neck, karena SSD pada dasarnya memory, maka anda dapat menikmati game dengan lebih nikmat.
SSD kan mahal ? Memang, namun anda tidak memerlukan SSD yang besar bukan ? misalnya 128GB anda sudah dapat memuat beberapa game beserta dengan OS nya. Jika kantong anda tidak dapat membeli SSD dengan kapasitas besar, pertimbangkan untuk membeli dengan kapasitas kecil, dan lupakan magnetic disk. Anda dapat menggunakan magnetic disk untuk media penyimpanan anda saja. Namun game dan OS, anda dapat install pada SSD tersebut.

GRAPHIC CARD
Dalam mempertimbangkan graphic card, anda hanya memiliki 2 pilihan, memilih graphic card dapat disesuaikan dengan ketersediaan kantong anda, jangan takut membeli graphic card yang murah, karena anda dapat mengupgrade nya kapan saja anda mau. Pilihan dalam graphic card tentu saja anda akan bingung apakah memilih AMD, atau Nvidia. Namun bagi kami, saat anda memilih graphic card dengan pertimbangan ingin menggabungkan graphic card tersebut, maka SLI dari Nvidia akan lebih baik ketimbang CrossFire Ati.
Dalam memilih graphic card, yang anda perlu perhatikan adalah clock rate, dan juga jenis memory yang dipasang pada graphic card tersebut, mirip dengan processor, namun graphic card kadang menempatkan gddr2, atau gddr3 yang tentu saja sangat berpengaruh pada fps game yang anda mainkan nantinya. Dengan membandingkan teknologi yang dimiliki ATI atau NVIDIA berdasarkan faktor diatas, maka anda dapat memilih brand graphic card yang sesuai dengan kantong anda.

SOUNDCARD
Apalah artinya sebuah game tampa sound yang bagus, menggunakan sound dan speaker yang bagus dapat meningkatkan kenikmatan anda saat bermain game, namun sayang, hal ini akan mengeruk uang di kantong anda sampai habis, jadi menurut kami, menggunakan sound onboard yang sudah ada masih dapat memenuhi kenikmatan anda, namun ketika budget anda berlebih, jangan sia siakan untuk memilih SoundCard yang baik.
Memilih sound card anda harus mengetahui teknologi yang ada pada soundcard, soundcard yang baik adalah soundcard yang memiliki SNR yang tinggi maksudnya dengan SNR (Sound Noise Ratio) yang baik, maka anda dapat menikmati game dengan suara yang sangat jernih misalnya dengan teknologi yang dimiliki creative X-Fi yang mendukung API gaming EAX yang telah menggunakan OpenAL (sebuah standard sound untuk gaming) .

POWER SUPPLY
Dalam menghidupi semua komponen PC Gaming anda, Power Supply dengan supply daya yang jernih dan konstan sangatlah diperlukan. Pertimbangan memilih power supply akan sangat bergantung dengan komponen PC yang akan anda gunakan, misalnya berapa jumlah GPU, berapa jumlah Harddisk, dan lainya. Semakin banyak semakin besar watt yang anda perlukan.
Yang perlu anda lihat dalam fitur power supply biasanya pilihlah power supply yang mampu memberikan daya yang bersih (true power) dengan efisiensi yang tinggi (80+), biasanya dengan spesifikasi ini power supply anda akan dapat bekerja dengan baik dalam menghidupi komponen PC anda.

CASING KHUSUS
Saat membeli casing, pastikan anda membeli casing yang memiliki banyak ventilasi udaranya, memungkinkan udara dapat mengalir dengan mudah, sehingga anda tidak perlu membeli pendingin khusus untuk komponen pc anda yang sangar sangar. Pilihlah casing dengan ventilasi yang banyak dan murah. Lupakan fitur screwless, terbuat dari aluminium alloy dan fitur fitur lain yang tidak anda perlukan.

OPERATING SYSTEM
Anda hanya memerlukan sebuah OS dengan fungsi Networking, jadi untuk apa anda membeli Win7 Ultimate jika anda tidak memerlukan semua fitur tersebut ?

KESIMPULAN
Dalam Tips Hemat Merakit PC Gaming ternyata dapat dilakukan dengan mudah jika anda masih ingin menghemat, beberapa komponen penting ini dapat anda jadikan acuan untuk membeli barang dengan pertimbangan yang sudah kami jadikan sebagai patokan dalam merakit pc gaming. Selamat mencoba!
Like This Article :

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya di Bawah INI :

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Tips Hemat Merakit PC Gaming

Comment With Facebook!

+ komentar + 1 comment

28 September 2012 pukul 02.57

gan mau tanya nih,,
pada mobo yg agan jelaskan,,mobo yg bagus itu dengan 2 slot pci E
sekarang masalah nya bila kita memasang vga card pada ke dua slot tersebut,yg satu disambungkan ke monitor terus satu lagi fungsi nya untuk apa???
apa fungsinya seperti RAM
saya bingung
terima kasih . . .

Posting Komentar

ExitJangan Lupa Klik Like Dan Follow ya!
 
Copyright © 2012. IPTEK-4U | TECHNOLOGY INFORMATION CENTER: Tips Hemat Merakit PC Gaming . All Rights Reserved
Template modify by Technology Information Center. Inspired from Anekaskripsi.com